Kamis, 04 Oktober 2012

Soal Essay Ekonomi Al -Muslim


SOAL

-----------------------------------------------------------------------------------------------
  1. Kebutuhan Anda sebagai siswa!
  2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
  3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
  4. Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !
----------------------------------------------------------------------------------------------
JAWABAN
1.) Belajar, ilmu yang bermanfaat, fasilitas belajar yang memadai, buku pelajaran, alat tulis.
2.) Manusia harus bisa memanfaatkan Sumber Daya yang terbatas, entah mau dibuat barang atau jasa yang penting bermanfaat bagi manusianya itu sendiri dan bisa mengimbangi dari keinginan manusia yang tak terbatas.
3.) Waktu sedang zamannya sepeda,saya menginginkan sepeda seperti teman teman saya yang harganya cukup mahal . Yaaa sekitar 2 Juta lebih . Namun setelah saya melihat ditoko lain,yang barangnya sama namun harganya lebih kecil dari yang sebelumnya. Saya jadi berfikir untuk lebih memilih sepeda yang harganya lebih kecil . 
4.) Sepertinya Indonesia lebih menganut ke Sistem Ekonomi Campuran. Hmm, entahlah yaa… karena tidak sepenuhnya Pemerintah menguasai Perekonomian, tetapi Masyarakat pun menguasai juga. Contoh: Sebagian sumber daya  dikuasai oleh negara (melalui BUMN). Namun seiring berjalannya waktu dan tingkat Inflasi, sekarang beberapa aset BUMN dan sahamnya dijual kepada swasta sehingga sekarang sebagian sumber daya Indonesia sebagian besar dikuasai oleh swasta (kaum Kapitalis / penguasa modal).


Maaf kalau saya ada sedikit Copas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar